Kemacetan
adalah situasi atau keadaan tersendatnya atau bahkan terhentinya lalu lintas
yang disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan melebihi kapasitas jalan.
Kemacetan banyak terjadi di kota-kota besar, terutamanya yang tidak mempunyai
transportasi publik yang baik atau memadai ataupun juga tidak seimbangnya
kebutuhan jalan dengan kepadatan penduduk. Dan disini akan membahas pelebaran jalan
di kota-kota besar mempunyai dampak Positif yang akan mengurangi kemacetan, tetapi
selama proses pelebaran jalan akan mengakibatkan dampak negatif yang membuat
kemacetan.
Walaupun
Depok tidak sesibuk kota sebelah seperti Bogor dan Jakarta tetapi tetap saja kemacetan
selalu menghantui di setiap daerah depok karena kebanyakan orang yang bekerja
di daerah jakarta maupun bogor sebagiannya warga depok dan sekitarnya. Setelah mengetahui
kemacetan yang setiap hari tidak kunjung usai, Pemerintah Depok berinisiatif
untuk melebarkan jalan yang setiap hari menjadi pusat dari kemacetan agar dapat
menanggulangi atau mengurangi angka kemacetan di Kota Depok.
Tetapi
masalah tidak sampai disitu, akibat dari pelebaran jalan di pusat kemacetan
justru memperparah kemacetan akibat dari proyek pelebaran jalan seperti separuh
jalan di pakai petugas proyek untuk menaruh barang-barang keperluan untuk
pelebaran jalan, dan traktor proyek di biakan saja parkir dipinggir jalan yang
makin mempersempit jalan dan tentu saja pengguna jalan yang jadi korban dari proyek
pelebaran jalan ini.
Warga
sekitar proyek pelebaran jalan ini pun juga kena imbasnya karena selain
terganggu dari bisingnya suara mesin-mesin dan kendaraan proyek yang berlalu
lalang, warga dirugikan dengan ditutupnya jalan akibat proyek ini khususnya
yang rumahnya di gang, mau tidak mau mereka mencari jalan alternatif lain.
Seharusnya
proyek pelebaran jalan ini direncanakan matang-matang dulu sebelumnya seperti
mengerjakan proyeknya tidak pada jam-jam orang berangkat dan pulang kerja, bisa
dikerjakan pada tengah malam tetapi sebisa mungkin agar tidak menggangu warga
sekitar yang sedang istirahat, atau siang hari tetapi kalau siang hari harus
ijin dengan polisi agar lalu lintas bisa diatur dan waktunya juga tidak lama
sampai sebelum jam orang pulang kerja kira-kira jam 4 sore, dan untuk traktor
proyek jangan sembarangan diparkir dipinggir jalan kalau bisa diparkirkan di
tanah kosong, kalau benar-benar terpaksa dan tdiak ada tanah kosong boleh
diparkirkan dipinggir jalan tetapi jangan terlalu sampai tengah jalan dan
mengganggu pengguna jalan yang lewat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar